Ada banyak lokasi kuliner khas Jogja yang menyajikan berbagai jenis masakan paling enak dan patut Anda coba. Yogyakarta merupakan salah satu provinsi istimewa yang ada di Pulau Jawa dengan segala keunikan adat dan budayanya. Provinsi istimewa ini mempunyai banyak daya tarik yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu daya tarik yang cukup menonjol dari Yogyakarta berasal dari dunia kulinernya.

Tempat Kuliner Khas Jogja Paling Enak Nyaman

Selama ini kita hanya mengenal Yogyakarta dengan kuliner khasnya berupa Gudeg. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini sudah banyak bermunculan kuliner khas Jogja yang tidak kalah enak dan lezatnya. Kelebihan dari kuliner khas Jogja juga terletak pada harga yang murah. Maka tak heran jika banyak pelajar yang betah untuk menempuh pendidikan di Jogja karena biaya pangannya yang tidak mahal.

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi dan berlibur ke Yogyakarta, Anda tidak boleh melewatkan 10 kuliner khas Jogja berikut ini.

1. House of Raminten

Tempat kuliner pertama yang wajib Anda kunjungi di Yogyakarta yaitu House of Raminten. Kuliner khas Jogja yang satu ini merupakan jenis cafe unik yang memadukan budaya barat namun tetap njowo. House of Raminten menyajikan makanan khas Jogja dengan lebih “istimewa” dan “berkelas”. Anda bisa mengunjungi “House of Raminten” di Jalan FM Noto no 7, Kota Baru, Yogyakarta.

2. Nasi Goreng Beringharjo

Warga Jogja yang sudah lama tinggal di daerah Beringharjo pasti sudah sangat mengenal kuliner khas Jogja yang satu ini. Nasi Goreng Beringharjo merupakan tempat kuliner enak di Jogja yang menyajikan makanan berupa nasi goreng. Kuliner di Beringharjo ini sudah ada sejak tahun 1960 dan terletak di Jalan Pabringan no 1, Yogyakarta.

3. Sate Klathak Pak Pong

Dari namanya saja, Anda pasti sudah mengetahui jika tempat kuliner khas Jogja yang satu ini menyajikan makanan khas berupa sate. Sate Klathak Pak Pong menghadirkan jenis sate kambing yang ditusuk bukan dengan tusukan sate kayu, melainkan tusukan sate dari besi. Anda bisa mengunjungi “Sate Klathak Pak Pong” di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

4. Mie Telap 12

Kuliner khas Jogja lainnya yang patut Anda coba yaitu “Mie Telap 12”. Jenis kuliner yang satu ini menyajikan banyak mie instan dengan rasa yang lebih nikmat. Cara penyajiannya pun tergolong unik karena disajikan persis seperti yang terlihat pada bungkus mie tersebut. Kunjungi Mie Telap 12 hanya di Jalan Pandean no 10 B, Yogyakarta.

5. Bong Kopitown

Bagi Anda pecinta minuman berupa kopi sebaiknya wajib mengunjungi kuliner khas Jogja yang satu ini. Bong Kopitown merupakan tempat kuliner yang mengangkat tema penjara pada bagian bangunanya. Menu andalannya tentu saja berupa kopi. Anda bisa mengunjungi “Bong Kopitown” di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta.

6. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk merupakan salah satu jenis kuliner Jogja yang khusus menyajikan berbagai jenis minuman dengan bahan dasar susu. Anda juga bisa memesan beberapa makanan ringan yang pas di lidah jika dikonsumsi bersamaan dengan segelas susu. Kalimilk terletak di Jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta.

7. Banyu Mili Country Club

Resto yang satu ini memberikan pengunjung menu andalan berupa makanan laut atau seafood. Anda bisa memilih menu makanan laut mulai dari ikan, udang, sampai dengan kepiting. “Banyu Mili Country Club” berlokasi di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5 Yogyakarta.

8. Manggar Manding

Anda dapat menemukan gudeg yang unik di “Manggar Manding”, karena terbuat dari manggar atau jenis bunga kelapa yang masih muda. Manggar sendiri mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Kunjungi Manggar Manding di Jalan Parangtritis KM 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta.

9. Angkringan Lik Man

Angkriangan Lik Man cocok bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Jogja yang sederhana. Anda dapat memesan kopi joss dan beberapa makanan khas angkringan lainnya seperti nasi kucing. Datang dan nikmati menu “Angkringan Lik Man” di Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

10. Gudeg Pawon

Tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi “Gudeg Pawon” ketika berada di Jogja. Kuliner khas Jogja yang satu ini sudah lama menjadi kuliner terkenal di Jogja dengan gudegnya yang lezat. Jika Anda tidak ingin melewatkan rasa gudegnya, Anda bisa datang ke Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Itulah 10 tempat kuliner khas jogja yang paling enak serta patut untuk Anda coba. Jika Anda mengunjungi kota istimewa yang satu ini, pastikan Anda mengunjungi salah satu kuliner khas Jogja di atas.

Selamat berlibur kawan!!