Ini bukan soal tidak mencintai cagar budaya atau warisan dari nenek moyang.

Berdasarkan informasi dari salah satu pegawai candi Kedulan, ini terjadi karena batu asli yang ditemukan untuk membangun sebuah bangunan candi belum ditemukan 80%, namun jika sudah 80% atau lebih maka akan ditindaklanjuti.

pemugaran candi kedulan sleman yogyakarta
Jadi, apabila kamu melihat sebuah candi yang mangkrak atau baru dibangun (setelah lama ditemukan) maka jangan berpikir bahwa tidak ada dananya. Dananya banyak, hanya saja pemerintah ingin menyuguhkan keaslian candi (minimal 80% batu asli tersusun baik).

Di sini target pemerintah bukan hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan asing.

Berdasarkan plan, target penyelesaian candi Kedulan adalah 31 Desember 2018. Dan 5 tahun untuk melakukan penataan ruang agar menarik dikunjungi.

Diperkirakan luas halaman candi Kedulan akan lebih lebar dari candi Sambi Sari . Karena sampai saat ini belum ditemukan batas pagar dalam selama masa penggalian (yang baru ditemukan baru serpihan batu-batu pagar sebelah utara).

Yang juga menarik, ternyata candi Kedulan pernah dipugar (ditemukan 2 prasasti di jaman yang berbeda) sebelum terkubur untuk kedua kalinya. Dan total ada 8 lapisan batu yang mengubur candi Kedulan saat ini.